Minggu, 23 Januari 2011

Tips Agar Anak Mau Makan Buah & Sayur

Membiasakan si kecil untuk memakan buah dan sayur bukanlah hal yang mudah. Perlu trik-trik khusus untuk membuat anak mau melahap buah dan sayur.

Tidak ada cara lain yang lebih baik dari mengajarkan terlebih dahulu mengenai manfaat dari makanan yang mereka makan. Ini lima tips supaya anak-anak Anda mau menikmati buah dan sayuran.

1. Biasakan dari sedini mungkin.

Walau lebih mudah, sebaiknya hindari membiasakan anak mengonsumsi junk food atau makan cepat saji. Mulailah untuk membiasakan si kecil memakan buah-buahan, ganti snack kemasannya dengan potongan buah yang segar dan lezat.

2. Kombinasikan dengan menu kesukaannya.
Anda bisa memancing si kecil dengan mencampur buah atau sayur pada menu makanan kesukaannya. Misalnya, masukan sayuran ke dalam adonan macaroni schotel kesukaan si kecil, dijamin si kecil akan  lebih menikmati saat - saat memakan sayuran.

3. Ajarkan dengan contoh.
Jika Anda memakan makanan yang tidak sehat, anak Anda pun akan melihat dan menirunya. Jadi mulai sekarang mulailah dari diri Anda seniri dan berikan contoh yang baik dengan memakan makanan sehat bersamanya.

4. Biarkan si kecil memilih.
Lain kali saat Anda berbelanja di supermarket, jangan lupa nuntuk mengajak si kecil dan membiarkannya memilih buah atau sayur yang menjadi kegemarannya. Anda pun bisa mengajarkan  cara kreatif untuk memakannya. Pisang akan terlihat sangat membosankan bila dimakan begitu saja, cobalah untuk memotongnya dan menaruh selai kacang dan coklat tabur diatasnya untuk tampilan yang menarik.

5. Ajarkan manfaat dan alasannya.
Mungkin Anda berfikir bahwa menjelasakan manfaat brokoli kepada anak tidak akan didengar oleh mereka, tapi jangan remehkan anak-anak. Mereka perlu tahu alasan dan manfaat memakan makanan sehat dan jangan lelah untuk terus menjelaskannya kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar